• 11 Aug, 2022

Bergendang Tambua, Genius Umar Ikut Semarakkan Prosesi Maarak Jari-Jari Pesona Hoyak Tabuik

Bergendang Tambua, Genius Umar Ikut Semarakkan Prosesi Maarak Jari-Jari Pesona Hoyak Tabuik

Beritanda1- Prosesi Maarak Jari-Jari Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022 berlangsung semarak, ketika Walikota Pariaman, Genius Umar ikut Bergendang Tambua bersama anak nagari Pasa dan Subarang, Jum’at (5/8/2022) malam, di Tugu Tabuik Kota Pariaman.

FB_IMG_1659740243564
Tabuik merupakan salah satu tradisi tahunan di dalam masyarakat Pariaman. Budaya Tabuik ini telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu, dan diperkirakan telah ada sejak abad ke-19 Masehi.

“Malam hari ini, kita melaksanakan prosesi maarak jari-jari, dalam rangkaian acara Prosesi Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022, yang dilaksanakan bertepatan dengan 7 Muharam 1444 H atau 5 Agustus 2022,” ujar Genius Umar.

FB_IMG_1659740272027
Setelah maambiak tanah dan manabang batang pisang, Genius menuturkan, prosesi selanjutnya adalah maatam yang dilaksanakan tadi siang, dan dilanjutkan dengan maarak jari-jari yang di lakukan malam ini.

" Prosesi maarak jari-jari ini berlangsung sehabis Magrib, namun sejak sore hari, puluhan anak Tabuik dari dua Rumah Tabuik Pasa dan Subarang, sudah bersiap-siap dengan perlengkapanya masing-masing, untuk menuju Tugu Tabuik, tempat berkumpul dan Basalisiah antara dua anak nagari Tabuik ini,” ungkapnya.

(Ismardi/rls)

 

[recently-viewed-posts title="Recently Viewed Posts" subtitle="Your currently viewed posts."][/recently-viewed-posts]