• 11 Aug, 2022

Ciptakan Usahawan Baru, 48 Calon Pelaku Usaha di Tanah Datar Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Ciptakan Usahawan Baru,  48 Calon Pelaku Usaha di  Tanah Datar Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Beritanda1 - Mewujudkan Program Unggulan (Progul) menciptakan usahawan baru dan lapangan kerja, Pemerintah kabupaten Tanah Datar melakukan berbagai pelatihan bagi calon pelaku usaha.

Terbaru, sebanyak 48 orang calon pelaku usaha mengikuti pelatihan berbasis kompetensi, yang dibuka  Wakil Bupati Richi Aprian di dampingi Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Jumat (5/8) di Aula Knator Bupati Pagaruyung.

FB_IMG_1659701623311
Menyemangati itu, Wakil Bupati Richi Aprian menyebut, berdasarkan data resmi dari Dinas PMPTSP Naker Tanah Datar, sampai Juli tahun 2022 pencari kerja yang terdaftar sebanyak 820 orang, yaitu 361 orang laki-laki dan 459 orang perempuan yang di dominasi  pendidikan SLTA/Sederajat dan tamatan perguruan tinggi baik Diploma dan strata 1.  

" Berdasarkan hasil survey  kabupaten Tanah Datar, pencari kerja pada tahun 2021 tercatat sebesar 4,63 persen, menurun dibandingkan tahun 2020 sebesar 4,79 persen dan tingkat nasional sebesar 6,49 persen," ungkap Richi.

Karena itu, kata Richi Aprian, guna mengurangi pengangguran tersebut, pemerintah Tanah Datar melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi dengan berbagai program kejuruan, dengan harapan pencari kerja yang belum mempunyai keahlian dan keterampilan akan dilatih agar memiliki bekal untuk memasuki pasar kerja dan membuka usaha.

Ke depannya diharapkan tumbuh dan berkembang menjadi pengusaha sukses dengan target 1000 wirausaha.

Wabup Tanah Datar sekaligus menyampaikan terimakasih kepada Dinas PMPTSP Naker, TP PKK Tanah Datar, GOW Tanah Datar, dan OPD Lainnya,  yang telah mendukung progul Tanah Datar dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Pihaknya berpesan kepada peserta yang akan dilatih selama satu bulan agar benar-benar menimba ilmu, sehingga  kedepan dapat mengurangi pengangguran dan membuka lapangan kerja baru.

FB_IMG_1659701641559
Sementara itu, Kepala Dinas PMPTSP Naker Zaratul Khairi melaporkan, pelatihan ini dilaksanakan dengan  paket berbasis kompetensi melalui dana APBD Tanah Datar.

Peserta pelatihan sebanyak 48 orang mengikuti 3 paket pelatihan, yaitu pembuatan roti dan kue, computer dan pemasangan instalasi listrik. Dengan pelatihan, diharapkan  akan memotivasi untuk menciptakan usahawan dan lapangan kerja.

Terkait Pendaftaran peserta,  Zaratul menjelaskan, peserta dijaring melalui pendaftaran secara online,  dengan pendaftar sebanyak 473 orang.

" Namun dengan keterbatasan anggaran hanya bisa menerima sebanyak 48 orang dan 16 orang dengan 3 paket pelatihan," ungkapnya.

Zaratul menambahkan, pelatihan dilaksanakan selama 1 bulan pada masing-masing paket yang dilaksanakan di BLK Batusangkar yang terletak di kecamatan Lima Kaum, di damping oleh instruktur dan narasumber yang sudah memilki sertifikasi.

(Reyhan)

[recently-viewed-posts title="Recently Viewed Posts" subtitle="Your currently viewed posts."][/recently-viewed-posts]