• 11 Aug, 2022

Doni Indra Dt. Rajo Diaceh Kembali Terpilih Menjadi Ketua KAN Salayo Periode 2022-2027

Doni Indra Dt. Rajo Diaceh Kembali Terpilih Menjadi Ketua KAN Salayo Periode 2022-2027

H.Doni Indra Dt. Rajo Diaceh, SH, LLM (tengah) dipercaya kembali menjadi Ketua KAN Salayo periode 2022-2027 dalam pemilihan yang berlangsung Sabtu (23/7/2022) di Salayo

Beritanda1 - Calon incumben H.Doni Indra Dt. Rajo Diaceh, SH, LLM kembali dipercaya menjadi Ketua KAN  Salayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok periode 2022-2027.

Kepercayaan ninik-mamak anggota KAN kepada Doni Indra Dt. Rajo Diaceh untuk memimpin lembaga adat tersebut, diperoleh dalam Sidang Pleno Kerapatan Adat Nagari (KAN) Salayo, dengan agenda Pemilihan Ketua KAN periode 2022-2027, Sabtu (23/7) di Galanggang Tangah Salayo.

Meski agenda pemilihan Ketua KAN Salayo sempat diwarnai orasi, namun, prosesi  pemilihan yang dimulai sejak pukul 09.00 Wib, akhirnya berlangsung lancar dan sukses  dalam aroma sangat demokratis.

Terhadap itu, Sekretaris Panitia Pemilihan Ketua KAN Salayo, Marcos Sophan Tuan Malin Batuah menyebutkan, dari 61 undangan  yang dikirim kepada Ninik-mamak dari tujuh Suku di nagari Salayo, yang datang menghadiri Sidang Pleno Pemilihan sebanyak 55 orang.

WhatsApp Image 2022-07-24 at 13.17.58
Dalam sesi pemilihan, masing-masing Suku mengusulkan seorang calon Ketua untuk dipilih secara demokratis. Dari tujuh Suku yang mengusulkan satu nama, yang muncul menjadi Calon Ketua  KAN adalah Doni Indra Dt. Rajo Diaceh dan Yanuar Dt. Bagindo Basa, yang akhirnya dimenangkan oleh calon incumbent tersebut.

Dt. Rajo Diaceh yang merupakan Ketua KAN periode sebelumnya, mengantongi 45 suara, sedangkan Dt. Bagindo Basa mengantongi 9 suara dan suara tidak sah sebanyak 1 suara.

Praktis, begitu selesai penghitungan suara disaksikan Kasdim 0309/Solok dan Pejabat Polres Solok,  ucapan syukur atas kelancaran dan terpilihnya kembali Manti Adat Suku Subarang Tabek/Parak Panjang itu bergema diruangan pemilihan.

Kepercayaan yang diamanahkan kepada Doni Indra Dt. Rajo Diaceh untuk memimpin lembaga ninik-mamak nagari Salayo itu sekaligus ditandai dengan pengukuhan dihadapan pemangku adat yang menjadi anggota KAN Salayo.

Menyambut itu, ketua Panitia Pemilihan Yuliza Betri Dt Mantari Bungsu mengaku sangat bahagia atas kerja keras panitia yang telah berbilang bulan mempersiapkan agenda pemilihan Ketua KAN Selayo hingga menghasilkan sebuah keputusan yang sangat demokratis.

" Kita menyambut bahagia dan takjub dengan keputusan ninik-mamak nagari Salayo yang mempercayakan kembali ketua KAN Selayo kepada Dt. Rajo Diaceh, " kata 
Yuliza Betri Dt Mantari Bungsu.

Selanjutnya, ulas Dt Mantari Bungsu, sesuai Tata tertib pemilihan serta AD ART KAN Selayo, Ketua KAN terpilih diwajibkan membentuk personalia kepengurusan sesuai  struktur KAN Selayo.

" Selama 30 hari ke depan atau satu bulan, Ketua Terpilih harus menyusun   susunan pengurus KAN Salayo  untuk selanjutnya akan dilakukan  pelantikan bersama," terang Ketua Pemilihan KAN Salayo itu.

WhatsApp Image 2022-07-23 at 16.26.55
Selepas pengukuhan tunggal sebagai Ketua KAN, Doni Indra Dt. Rajo Diaceh menyambut kepercayaan ninik-mamak nagari Salayo dengan haru-biru.

Dengan bola mata berkaca-kaca, putra sulung mantan Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar (alm) H. Khaidir Gani Dt Batuah itu, menyampaikan terimakasih atas kepercayaan terhadap dirinya.

Ketua KAN Terpilih itu mengajak pemangku adat nagari Salayo untuk bersama-sama membangun nagari, terutama soal melestarikan adat istiadat, membina anak keponakan serta memajukan pembangunan dalam bingkai falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah.

" Saya menyadari tidak bisa sendiri memimpin KAN Salayo ini, tetapi kepercayaan yang diamanahkan ini, sejatinya bagaimana kita bersama-sama memikirkan kemajuan nagari, dan bersinergi dengan Pemerintah Nagari serta Badan Permusyawaratan Nagari. Mari kita tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan, " ujar Dt. Rajo Diaceh.

Senada, Wali Nagari Salayo Ronal Reagan, ST di tempat terpisah menyambut hasil pemilihan Ketua KAN setempat  dengan gembira. Sebagai wali nagari, dirinya menggugah ninik-mamak pemangku adat agar terus menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam membina hubungan kemasyarakatan di nagari.

" Saya mengucapkan selamat kepada mamak Doni Indra Dt. Rajo Diaceh yang telah terpilih menjadi Ketua KAN Salayo. Semoga hari ini menjadi momentum untuk kebersamaan dan kemajuan nagari yang kita cintai ini," ujar Ronal Reagan seraya membentangkan sejumlah program pembangunan nagari yang perlu mendapat dukungan dari Ninik-Mamak .

(Melatisan)

[recently-viewed-posts title="Recently Viewed Posts" subtitle="Your currently viewed posts."][/recently-viewed-posts]