• 03 Feb, 2023

Fakultas Farmasi Unand Latih Pembuatan Sabun Cair dan Padat di SMK Negeri Gunung Talang

Fakultas Farmasi Unand Latih Pembuatan Sabun Cair dan Padat di SMK Negeri Gunung Talang

Beritanda1 - Tim Pengabdian  Kepada Masyarakat (PKM)Fakultas Farmasi Universitas Andalas (Unand) Padang melakukan pelatihan pembuatan produk sabun dengan memanfaatkan olahan bahan alam di SMK Negeri Gunung Talang,  Kabupaten Solok, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan yang  dibuka Kepala SMK Negeri 1 Guntal, Sri Lestari, S.Pt, MM, dengan moderator Zulvarita Syaf, SP, dihadiri Ketua pelaksana kegiatan apt. Nova Syafni, Ph.D bersama Prof. Dr. apt. Erizal Zaini, dan Dr. apt. Rini Agustin.

IMG-20221129-WA0081
Pada kegiatan ini, Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Farmasi Unand memperkenalkan cara membuat sabun cair dan padat dengan memanfaatkan minyak atsiri dari tumbuhan.

Untuk pewarna sabun tersebut, digunakan bahan gambir sebagai salah satu bagian dari penelitian Prof. Dr. apt Deddi Prima Putra dari Farmasi UNAND.

Kegiatan ini sekaligus merupakan bagian dari praktek mata pelajaran IPAS, yakni materi gabungan dari IPA dan Sosial. Sedangkan pengolahan minyak atsiri menjelaskan bagaimana perobahan zat saat ekstraksi minyak atsiri dari bagian tumbuhan dengan metoda steam distillation.

IMG-20221129-WA0054
Pada saat praktek pembuatan sabun para murid sangat antusias sekali, mereka sangat tertarik dengan pemakaian minyak atsiri sebagai aroma. Para murid juga diperkenalkan bagaimana mencampurkan aroma berbagai minyak atsiri untuk menghasilkan aroma yang mereka inginkan.

Kepala SMK N 1 Gunung Talang ingin melanjutkan kegiatan ini kedepannya agar dapat memberikan aplikasi untuk murid setelah mereka tamat dari SMK dalam hal bekerja, melanjutkan studi, dan wirausaha

(Ismardi)

[recently-viewed-posts title="Recently Viewed Posts" subtitle="Your currently viewed posts."][/recently-viewed-posts]