• 03 Feb, 2023

Komisi III DPRD Ingatkan Pemko Solok Agar Maksimalkan Ketahanan Pangan

Komisi III DPRD  Ingatkan Pemko Solok Agar Maksimalkan Ketahanan Pangan

Beritanda1- Komisi III DPRD kota Solok kembali menekankan kepada pemerintah daerah untuk maksimal dalam pengendalian inflasi daerah melalui penguatan ketahanan pangan, terutama dalam memenuhi kebutuhan beras masyarakat.

Penekanan itu  diungkapkan Ketua Komisi III DPRD, Yoserizal dalam rapat kerja (Raker) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja Komisi III,  Selasa (24/1/2023) di ruang komisi III DPRD kota Solok.

Hadir dalam Raker itu sekretaris Komisi III, Hj.Rika Hanom.S.Pd dan Anggota Komisi III Nasril In Dt Malintang Sutan.SH dan Wazadly.SH. Sementara itu dari pemerintah daerah dihadiri oleh Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian,  serta PDAM kota Solok.

Menurut Yoserizal, ketahanan pangan dan menekan angka kemiskinan adalah dua dari sekian banyak tugas penting dan urgen yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah. “ Oleh sebab itu, sinergitas antara pemerintah daerah dan unsur terkait lainnya yang tergabung dalam tim pengendalian inflasi harus diperkuat,” tegasnya. 

WhatsApp Image 2023-01-24 at 20.18.02
Kata Yoserizal,  pemerintah atau tim pengendalian inflasi harus memperkuat identifikasi sumber tekanan inflasi melalui pemanfaatan data makro dan data mikro serta pemanfaatan data detail.

Selain itu, ketua komisi III juga berharap agar tim pengendalian inflasi dapat memperluas kerjasama antar daerah, guna mengurangi disparitas pasokan dan harga antar wilayah. 

" Untuk pengendalian inflasi, juga harus dilakukan pengidentifikasian wilayah surplus, dan defisit serta menjadi fasilitator untuk.mendorong kerjasama antar daerah " papar Yoserizal.

Terhadap itu,  unsur Dinas Pangan kota Solok mengatakan, kondisi ketahanan pangan, khsusunya stok beras yang dimiliki  sebanyak 39 ton pada tahun 2022 lalu, dan pada 2023 ini telah bertambah sebanyak 5 ton.

“ Pemerintah  kota Solok melalui dinas pangan, akan terus berupaya dan bersinergi untuk pengendalian inflasi didaerah,” sebutnya.

(Zul Muncak)

[recently-viewed-posts title="Recently Viewed Posts" subtitle="Your currently viewed posts."][/recently-viewed-posts]