• 02 Dec, 2022

Minangkabau Heritage, Upaya Pelaku Seni dan Budaya Perkenalkan Potensi Produk Unggulan Sumbar di Jakarta

Minangkabau Heritage, Upaya Pelaku Seni dan Budaya Perkenalkan Potensi Produk Unggulan  Sumbar di Jakarta

Beritanda1 - Upaya para pelaku usaha, pelaku seni dan budaya yang telah tampil mengenalkan Sumatera barat secara utuh dan terpadu dalam Minangkabau Heritage di Jakarta Convention Center di Jakarta Pusat, diapresiasi ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Ny. Harneli Mahyeldi, Kamis (27/10/2022).

Didampingi Wakil Ketua Ny. Fitria Amalia Audy, Ketua Dekranasda yang biasa disapa Umi Harneli itu, sekaligus  menyampaikan harapan agar even Minangkabau Heritage dapat membantu Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam mempromosikan dan memasarkan seluruh potensi dan produk unggulan Sumatera Barat.

“Kerajinan Sumatera Barat mempunyai pontensi tinggi untuk dikembangkan dan ditingkatkan menjadi komoditas perdagangan yang memiliki daya saing tinggi. Bahkan Sumatera Barat ditetapkan sebagai sentra sulam dan bordir Indonesia. Dari Sumatera Barat terlahir beberapa produk kriya sulam seperti Kapalo Samek, Suji Caia, Sulam Bayang, Sulam Bayang Mas, serta Bordir Kerancang.” jelas Umi Harneli

IMG-20221029-WA0035
Saat pembukaan Minang Haritage ini, turut dimeriahkan degan menampilkan banyak tarian khas Sumbar, diantaranya Tari Pasambahan, Tari Piring dari Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Tari Payung dari Dekranasda Kota Bukittinggi, Tari Dulan dan Kreasi dari Dekranasda Kota Payakumbuh.

Selain itu,  juga ditampilkan karya para desainer dari Dekranasda Provinsi Sumbar, Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kabupaten 50 Kota, Kota Payakumbuh, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Solok Selatan.

Hasil para desainer tersebut ditampilkan dalam rangkaian acara Fashion Show Minangkabau Haritage, acara berlangsung sangat meriah para penonton dan pengunjung sangat menikmati acara tersebut.

Hadir pada kesempatan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar Asben Hendri, Walikota Payakumbuh Rida Ananda beserta istri, Ketua Asephi, Muchsin Ridjan, Sekjen Asephi Baby Jurmawati Djuri, Direktur PT. Mediatama Binakreasi Umi Noor W.

Tampak juga Ketua Dekranasda Kota Bukittinggi, Payakumbuh, Padang, Limapuluh Kota, Pesisir Selatan, Sijunjung, dan Solok Selatan. Selain itu juga hadir Ketua Indo Jalito Ettie Yuswill beserta para anggota.

(Ismardi/rls)

 

[recently-viewed-posts title="Recently Viewed Posts" subtitle="Your currently viewed posts."][/recently-viewed-posts]