• 11 Aug, 2022

Puskesmas Kurai Taji Latih 24 Orang Siswa-siswi SD Jadi Dokter Kecil

Puskesmas Kurai Taji Latih 24 Orang Siswa-siswi SD Jadi Dokter Kecil

Beritanda1 - Puskesmas Kurai Taji, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman,  terus melakukan inovasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Upaya itu terlihat dengan diberdayakannya tenaga kesehatan Puskesmas Kurai Taji untuk mengedukasi siswa/siswi Sekolah Dasar agar bisa menjadi dokter bagi dirinya sendiri.

Kepala UPTD. Puskesmas Kurai Taji, dr. Hendri Putra mengatakan, penyelenggaraan pelatihan terhadap dokter kecil sekolah dasar wilayah kerja Puskesmas Kurai Taji meliputi delapan sekolah dasar yang ada di wilayah binaan Puskesmas Kurai Taji.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari diikuti siswa dengan sukacita dan aktif melalui metode ceramah, diskusi dan demonstrasi yang menjadikan siswa lebih memahami materi yang disampaikan.

“ Kita laksanakan kegiatan pelatihan dokter kecil ini kepada siswa kelas IV dan V yang terpilih dengan perwakilan tiga orang per-sekolah, yang berjumlah 24 orang dokter kecil," ujar dr. hendri, Selasa (27/7/2022) di Kursi Taji.

FB_IMG_1658894581963
Nantinya, sambung dr. Hendri, dengan pelatihan ini, siswa-siswi yang dilatih sebagai dokter kecil mampu mengampanyekan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

Adapun materi ilmu yang diberikan dalam kegiatan ini diantaranya, pengetahuan tentang tentang kesehatan lingkungan, kesehatan gigi, imunisasi, napza sampai Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) ini, dan ini hendaknya bisa juga ia kembangkan kepada teman-teman di lingkungan sekolah dan juga di rumah nantinya.

“ Mereka yang terlatih diharapkan mampu menjadi penggerak hidup sehat serta mampu menolong dirinya, teman, keluarga serta orang lain untuk hidup sehat, dan dapat bertugas menolong teman yang sakit, menjaga saat upacara bendera, dan perpanjangan tangan dari petugas Puskesmas di sekolah,” harap dr. Hendri.

(Ismardi/rls)

[recently-viewed-posts title="Recently Viewed Posts" subtitle="Your currently viewed posts."][/recently-viewed-posts]