• 10 Jun, 2023

Tekan Angka Stunting, Limapuluh Kota Gelar Rembuk Stunting

Tekan Angka Stunting,  Limapuluh Kota Gelar Rembuk Stunting

Beritanda1 - Guna mendukung upaya percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Limapuluh Kota dan Nasional, Bupati setempat Safaruddin Dt Bandaro Rajo membuka Rembuk Stunting sekaligus melantik Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (11/8/2022) di aula kantor bupati Limapuluh Kota.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda, Sekda Widya Putra, Ketua TP-PKK, Ny. Nevy Safaruddin, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota, Camat dan Wali Nagari se-Kabupaten Limapuluh Kota, Akademisi, LSM, Pengusaha dan tamu undangan lainnya.

Mengiringi itu, Bupati Safaruddin mengatakan, permasalahan Stunting adalah musuh bersama dan sudah menjadi isu strategis yang harus diselesaikan oleh pemerintah daerah dan unsur lainnya.

Dalam kaitan itu, Kabupaten Limapuluh Kota telah memasuki tahun ke-3 sebagai salah satu lokus penurunan stunting tingkat nasional, di mana pada 2024 pemerintah secara nasional menargetkan menurunkan angka prevalensi stunting sampai 14 persen.

"Didaerah kita saat ini angka prevalensi stunting telah turun menjadi 28,2 persen, dimana pada tahun sebelumnya adalah sebesar 28,94. Namun demikian, bukan berarti usaha kita sudah selesai, karena kondisi kita sekarang masih jauh dari target yang telah diamanatkan oleh pemerintah pusat, "ujar Safaruddin.

Safaruddin menuturkan, tercatat 1.974 anak penderita stunting dan ada 40.537 keluarga beresiko stunting atau sebesar 42,77 persen dari jumlah data keluarga.

"Agar penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Limapuluh Kota dapat tercapai, maka diperlukan kolaborasi dan sinergi yang baik. Tidak saja hanya antar perangkat daerah, namun juga melibatkan semua unsur serta instansi vertikal lainnya," terangnya.

(Mardikola)

[recently-viewed-posts title="Recently Viewed Posts" subtitle="Your currently viewed posts."][/recently-viewed-posts]