• 10 Jun, 2023

Terobosan Besar, Pemko Padang Hambat Aliran Sampah yang Mengotori Sungai Batang Arau dengan Kubus Apung

Terobosan Besar, Pemko Padang Hambat Aliran Sampah yang Mengotori Sungai Batang Arau dengan Kubus Apung

Beritanda1 - Deretan kubus apung dipasang guna menghambat aliran sampah yang kerap mengotori permukaan sungai terbesar di Kota Padang.

Sungai Batang Arau yang terhubung langsung ke pantai Muara Padang itu, terus diupayakan agar bersih dari sampah, mengingat sebentar lagi akan di jadikan lokasi Festival Selaju Sampan dalam rangkaian "Festival Muaro Padang".

Guna mendukung Festival dalam menyambut lebaran idul Fitri pada tanggal 24 sampai 27 April 2023 ini, pemerintah Kota Padang terus mengupayakan agar wajah sungai bebas dari sampah.

FB_IMG_1682246186062
Salah satu terobosan penataan sungai dilakukan dengan memasang Kubus Apung sejak 15 Maret lalu. 
Langkah itu dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang untuk menahan sampah yang mengalir dipermukaan sungai tidak sampai ke muara atau bibir pantai.

Menyambut itu, Walikota Padang Hendri Septa mengaku optimis terhadap fungsi kubus apung yang telah terpasang rapi di kawasan Seberang Palinggam di bawah jembatan Pemancungan.

" Dampaknya nyata sekali. Sampah-sampah yang hanyut dari hulu Sungai Batang Arau terhambat oleh kubus apung, sehingga memudahkan bagi petugas kebersihan untuk membersihkan dan mengangkut sampah tersebut  ke TPA," kata Walikota Padang Hendri Septa ketika meninjau lokasi pemasangan Kubus Apung, Kamis (20/3/2023).

Dijelaskan Hendri Septa, pemasangan kubus apung memiliki dampak yang luar biasa terhadap pengurangan debit sampah menuju ke muara sungai.

Jika tidak ada kubus apung, ulas Walikota Padang, sampah tentu akan langsung hanyut ke Pantai Padang dan akan dihempaskan ke pinggir pantai, sehingga sampah menjadi menumpuk di sana.

FB_IMG_1682246190716
Didampingi Kadis DLH Kota Padang Mairizon, Walikota Padang mengatakan, agar memaksimalkan fungsi kubus Apung dibutuhkan kerjasama dari masyarakat terutama warga yang ditinggal sepanjang bantaran sungai.

Untuk itu, pihaknya mengajak  masyarakat Kota Padang, agar ikut menjaga Sungai Batang Arau, termasuk sungai-sungai lainnya dengan tidak membuang sampah ke sungai.

" Ini kita lakukan untuk menjaga keindahan sungai dan keindahan Kota Padang yang kita cintai ini. Apabila sungai-sungai yang ada di Kota Padang bersih terutama sungai Batang Arau ini, tentu akan menambah minat wisatawan berkunjung," ungkapnya.

Selepas mengamati fungsi dan kondisi kubus apung, Walikota Padang Hendri Septa juga langsung meninjau kawasan hilir sungai Batang Arau guna memastikan kesiapan Sungai Batang Arau sebagai destinasi Festival Selaju Sampan.

(Yas/***)

[recently-viewed-posts title="Recently Viewed Posts" subtitle="Your currently viewed posts."][/recently-viewed-posts]