• 02 Dec, 2022

Wujudkan Kota Solok Berjuara, Walikota Zul Elfian Umar Tandatangani Kesepakatan Bersama dengan Kejari Solok

Wujudkan Kota Solok Berjuara, Walikota Zul Elfian Umar  Tandatangani Kesepakatan Bersama dengan Kejari Solok

Beritanda1  - Upaya mewujudkan misi Kota Solok Berjuara (Berkah, Maju dan Sejahtera), Walikota setempat, Zul Elfian Umar terus melakukan terobosan, salah satunya mengikat kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Solok dalam hal penanganan permasalahan hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Kerjasama dimaksud, dikuatkan dengan penandatanganan naskah kesepahaman (MoU) antara 
Walikota Solok Zul Elfian Umar dengan Kejari Solok Andi Metrawijaya, Selasa (22/11/2022), di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Solok.

Turut menyaksikan penandatanganan kerjasama ini, Jajaran Kajari Solok, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Nova Elfino, Inspektur Kota Solok, Kenfilka,SH, Kabag Hukum Edrizal, SH, Edrizal, Kabag Prokomp, Nurzal Gustim,SSTP,M.Si.

FB_IMG_1669098186555
Menyambut itu, Kepala Kejaksaan Negeri Solok, Andi Metrawijaya mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Solok beserta jajaran yang telah menyempatkan hadir.

"Semoga ini menjadi hal positif. Apalagi selama kami bertugas, Wako Solok yang pertama kali hadir ke Kejaksaan Negeri Solok," ujarnya.

Dijelaskan Andi, Kejaksaan Negeri diberikan kewenangan terkait fungsi dan tugas berdasarkan UU No 11 tahun 2021 junto UU Nomor 16 Tahun 2004 serta peraturan kejaksaan nomor 7 Tahun 2021. Kejaksaan melakulan legal audit dalam mendampingi kebijakan kepala daerah terkait pengelolaan keuangan negara.

Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) adalah unsur pembantu pimpinan dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan fungsi Kejaksaan dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara di daerah hukumnya.

"Kesepakatan bersama ini juga sebagai payung hukum untuk kegiatan yang lebih lanjut. Diharapkan setiap kegiatan-kegiatan akan dapat menjalankan fungsi pendampingan sekaligus pengawalan," jelasnya.

FB_IMG_1669098191433
Sementara itu, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar mengatakan, sebuah kebahagiaan bagi Pemerintah Kota Solok dapat melakukan penandatangan kesepakatan bersama dengan Kejaksaan Negeri Solok ini.

Ucapan terimakasih dan penghargaan kepada kejaksaan yang selama ini telah membantu Pemko Solok, termasuk dalam permasalahan hukum perdata dan Tata Usaha Negara.

"Alhamdulillah dengan bantuan dari Kejari Solok, berbagai persoalan hukum dan kendala yang ditemui dapat diselesaikan, serta banyak aset negara terselamatkan," sebutnya.

Kedepan, Walikota Solok menyebut, permasalahan tentu masih ada ditemui. Untuk itu, diminta kepada Kajari selalu membantu dan membimbing Pemko Solok menyelesaikan berbagai persoalan, sehingga Kota Solok Berjuara (Berkah, Maju dan Sejahtera) dapat diwujudkan.

Wako juga minta dukungan Kejari untuk membantu mengawal berbagai pembangunan yang ada di Kota Solok, seperti pembangunan GOR Marahadin Laing, Revitalisasi Pasar Raya Solok dan pembangunan RSUD Solok yang menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar 100 Milyar Rupiah. Apalagi, Kota Solok saat ini merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Sumbar yang belum memiliki RS.

"Terimakasih kerjasama yang baik dengan Kajari Solok selama ini. Semoga kedepan, kerjasama yang baik ini akan semakin terjalin. Dan kesepakatan ini akan memberikan dampak yang sangat baik bagi Pemko Solok," tutup wako.

Diakhir kegiatan, Wako Solok, Zul Elfian Umar bersama Kepala Kejaksaan Negeri Solok, Andi Metrawijaya juga berkenan saling bertukar plakat dan ditutup dengan sesi foto bersama.

(Zul Muncak)

 

[recently-viewed-posts title="Recently Viewed Posts" subtitle="Your currently viewed posts."][/recently-viewed-posts]