• 11 Aug, 2022

Yuk, Bergoro di Pantai Padang: Berolahraga, Kumpulkan Sampah Dapat Souvenir

Yuk, Bergoro di Pantai Padang:  Berolahraga, Kumpulkan Sampah Dapat Souvenir

Beritanda1 - Program "Padang Bergoro" yang diluncurkan Pemerintah Kota Padang guna membangkitkan semangat bergotong-royong bagi warga setempat, kembali berlanjut pada 6 Agustus 2022 ini.

Melalui program yang dicanangkan Wali Kota Padang tanggal 17 Juli yang lalu, intinya mengajak seluruh warga yang berada di 104 kelurahan dari 11 kecamatan se-Kota Padang untuk melakukan gotong-royong serentak pada hari Minggu di minggu pertama setiap bulan.

"Insya Allah,  pada 6 Agustus nanti kita akan kembali melakukan kegiatan Padang Bergoro di Kota Padang. Untuk di Kecamatan Padang Barat kita memusatkan kegiatan di Pantai Padang," ungkap Wali Kota Padang Hendri Septa, Kamis (4/8/2022).

Kata Hendri Septa, untuk menambah semarak kegiatan Padang Bergoro, pihaknya bekerjasama dengan beberapa unsur menyediakan 'doorprize' dengan pembagian souvenir menarik bagi siapa saja yang mengikuti goro di sepanjang Pantai Padang.

"Alhamdulillah, kegiatan kita didukung oleh Universitas Bung Hatta (UBH), BRI, Paragon Corp dan Circulan Connect Norway (Diaspora Norwegia). Atas nama Pemerintah Kota Padang,  kita sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara ini nanti. Semoga berjalan lancar dan sukses," imbuhnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Kota Padang itu menjelaskan, program Padang Bergoro sejatinya merupakan sebuah gerakan pemerintah kota bersama masyarakat untuk senantiasa membersihkan lingkungan sekitarnya dari sampah.

"Program ini merupakan upaya kita untuk mengatasi sampah yang bertebaran dan mewujudkan lingkungan Kota Padang yang bersih bersama masyarakat. Semoga dengan ini lambat laun akan kembali terbangunnya semangat gotong-royong, sekaligus memberikan contoh kepada generasi muda tentang pentingnya membangun lingkungan bersih sebagai tanggung jawab bersama,” jelas Wako Hendri.

Pihaknya berharap, jangan ada lagi masyarakat yang membuang sampah ke sembarang tempat atau pun ke sungai dan riol-riol. Dampak buruknya sangat terasa. Selain menimbulkan lingkungan yang kumuh juga menyebabkan genangan air dan banjir yang selama ini kerap terjadi," tambahnya.

Melalui program Padang Bergoro, ulas Hendri Septa,  dapat mengantisipasi permasalahan sampah di Kota Padang yang mencapai 550 ton per hari. Bahkan jika di hari libur, volumenya bisa meningkat hingga menghasilkan 750 ton per hari.

"Tempat Penampungan Akhir (TPA) kita di Aie Dingin saat ini sudah mulai menumpuk. Jadi melalui Padang Bergoro inilah kita berupaya agar sampah di Kota Padang terus berkurang dari hari ke hari. Kita juga berharap semua warga Kota Padang meminimalisir sampah plastik serta mengedukasi masyarakat untuk bisa mengolah sampah menjadi barang yang bernilai," beber Wako Hendri Septa.

Terpisah, Camat Padang Barat Junie Nursyamza menyebutkan,  pada kegiatan Padang Bergoro 6 Agustus 2022 nanti dimulai pukul 06.00-09.00 WIB.

"Untuk lokasi goro yaitu di sepanjang Pantai Padang. Bagi pengunjung pantai/warga Kota Padang yang mau ikut bergoro nanti, akan kita kasih kantong untuk ikut aksi mengumpulkan sampah. Setelah itu mereka kita kasih kupon dan bagi yang beruntung bisa mendapatkan sejumlah doorprize menarik dari panitia," sebut Camat Junie.

(Ismardi/rls)

[recently-viewed-posts title="Recently Viewed Posts" subtitle="Your currently viewed posts."][/recently-viewed-posts]